Minggu, 27 September 2015

Sanur, sunrise of Bali

Sejarah pariwisata di Bali selatan sebenarnya dimulai dari Pantai Sanur. Pantai ini memiliki keindahan panorama matahari terbit atau sunrise yang sempurna di pagi hari. Pantai Sanur terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar, Kota Denpasar, dan hanya berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Denpasar.


Pantai Sanur mulai diperkenalkan ke dunia oleh seorang pelukis asal Belgia yang bernama A. J. Le Mayeur. Terpikat dengan Pantai Sanur yang sangat indah, Le Mayeur memutuskan untuk tinggal di kawasan Sanur dengan mendirikan sanggar lukis. Le Mayeur juga menikahi gadis Bali yang bernama Ni Nyoman Pollok, seorang penari Legong. Melalui lukisan - lukisan Le Mayeur, Pantai Sanur mulai dikenal oleh dunia internasional. Saat ini, sanggar lukis tersebut telah menjadi Museum Le Mayeur dan dapat dikunjungi oleh publik. Museum Le Mayeur berada dalam area wisata Pantai Sanur.



Pada masa kolonial Belanda, Pantai Sanur menjadi lokasi pendaratan Kapal perang Belanda yang akan menyerang Kerajaan Badung. Perang yang terkenal dengan nama Puputan Badung terjadi pada tanggal 18 November 1906. Pantai Sanur memiliki garis yang melengkung dengan hamparan pasir putih yang kasar. Saat terbaik berkunjung ke Pantai Sanur adalah di pagi hari menjelas matahai terbit. Kita dapat menyaksikan gugusan pulau Nusa Penida di sebelah tenggara serta panorama pantai selatan Pulau Bali. Kapal - kapal nelayan tradisional juga akan kita jumpai mempercantik pemandangan Pantai Sanur.










Pemandangan di sore hari juga tak kalah menarik. Surutnya air laut memperjelas pandangan mata pada gugusan Pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok ke laut di sebelah selatan Pantai Sanur. Tak hanya itu, jika gelombang air laut tidak begitu besar, wisatawan dapat menyaksikan keindahan batu karang yang membentang berwarna-warni.
Kawasan Sanur merupakan kawasan yang membentang panjang dari utara ke selatan. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap mulai dari hotel-hotel berbintang serta berbagai macam restoran. Pantai Sanur juga merupakan dermaga penyeberangan ke Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Ada beragam jasa kapal boat penyeberangan yang beroperasi di Pantai Sanur.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate