Senin, 06 Juli 2015

Tari Kecak Uluwatu Bali

Salah satu obyek wisata yang paling terkenal di pulau Bali adalah Pura Uluwatu yang didalamnya setiap sore hari diadakan pertunjukan Tari Kecak.

Pura ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi bagi perkembangan Agama Hindu di Bali. Pura Uluwatu dibangun di abad XI dan terletak di sebelah barat daya pulau Bali, berdiri kokoh di atas batu karang setinggi kurang lebih 90 meter di atas permukaan laut. Sekitar kawasan ini juga dikelilingi kawasan hutan lindung yang berfungsi sebagai habitat bagi monyet yang sering berkeliaran di area Pura Uluwatu. Pura Uluwatu mengalami beberapa pemugaran, yaitu di tahun 1979, 1997, dan tahun 2000. Dari kawasan bukit Uluwatu ini mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan menawan tebing karang dan lautan lepas.

Obyek wisata ini semakin menarik dengan digelarnya pertunjukan Tari Kecak dan konon merupakan pertunjukan Tari Kecak terbaik di Bali. Tari Kecak Uluwatu merupakan kebudayaan asli Bali yang terus dijaga dan dilestarikan oleh kelompok masyarakat Desa Pecatu.

Pementasan Tari Kecak di Pura Uluwatu mengambil tema cerita Ramayana. Pertunjukan ini menjadi  wisata favorit bagi para wisatawan yang datang ke Pura Uluwatu. Lokasi pertunjukan berupa panggung disebelah kiri pura dengan bentuk setengah lingkaran dengan latar belakang lautan lepas, akan menjadi sempurna apabila cuaca cerah karena kita juga bisa sambil menikmati saat-saat matahari tenggelam.


 

Tari Kecak Uluwatu dipentaskan setiap sore hari antara jam 18.00 - 19.00 WITA (keculai Hari Raya Nyepi dan Pengerupukan) dengan kapasitas penonton ±1400 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate