Sabtu, 07 November 2015

Bali punya Hutan Mangrove


Bali ternyata punya wisata trekking hutan Magrove, bahkan lokasinya dekat dengan Bandara Ngurah Rai. Masuknya dari jalan bypass Ngurah Rai, kurang lebih 500 meter utara Mall Bali Galeria. Luas hutan Mangrove ini kurang lebih 2000 hektar hasil konservasi kerja sama pemerintah Indonesia dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). Kawasan Hutan Mangrove ini telah diatur sedemikian rupa sehingga menjadi tempat wisata trekking mangrove yang sangat menarik.


Memasuki kawasan kita akan melihat papan peringatan agar kita pelan-pelan karena banyak biawak yang melintas. Tempat ini sudah ditata dengan menarik dan nyaman, ada jalan yang dibuat dari papan kayu bagi pengunjung mengelilingi kawasan hutan ini. 


Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- , kita akan disuguhi dengan pemandangan dahan dan batang serta hijau dedaunan pohon magrove. Suasananya tenang, sejuk dan sesekali terdengar suara burung. Ada pos untuk beristirahat dari kayu berlantai 2 sehingga kita dapat dapat menyaksikan hutan bakau dari ketinggian. Jalan setapak yang terbuat dari kayu dibuat sedemikian rupa dan berbelok - belok menembus lebatnya hutan bakau ini yang membuat kita tidak terasa dalam melangkah. Akar-akar bakau yang tumbuh liar seakan manambah kesan liar namun tetap tertata dengan rapih. 


Anda akan terkesima dengan pemandangan hutan mangrove yang  bisa kita lihat dari jarak dekat sambil berjalan kaki dengan nyaman tanpa bersusah-susah atau harus berlumpur-lumpur. Di beberapa lokasi disediakan tempat untuk beristirahat dan menikmati keindahan hutan mangrove sambil menghirup segarnya udara. Di lokasi istirahat yang paling ujung dari hutan mangrove ini kita dapat  menyaksikan ruas jalan tol Bali Mandira.


Sebuah alternatif wisata yang menarik sambil berolah raga dan mudah dijangkau. Banyak latar belakang spot yang menarik dari kawasan hutan mangrove ini untuk berfoto. Cukup banyak juga pasangan calon pengantin melakukan sesi pemotretan prewedding disini.

Tidak hanya ragam tumbuhan saja yang hidup, tetapi juga terdapat beberapa jenis binatang yang hidup dengan damai di kawasan hutan ini. Yang paling banyak adalah kepiting, beberapa ekor biawak, ada juga lobster dan udang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate